Rahasia Menjaga Tubuh Tetap Bugar Di Bulan Puasa

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Rahasia Menjaga Tubuh Tetap Bugar Di Bulan PuasaCariberita9 - Puasa merupakan rutinitas ibadah yang dilakukan oleh umat islam setiap tahun. Menurut pengertiannya, puasa merupakan kegiatan menahan diri dari hal hal yang membatalkan puasa termasuk makan dan minum.

Nah untuk memperlancar ibadah pusa kita tentunya kita membutuhkan kondisi yang prima bukan?, untuk itu bagi anda yang sering mngalami kondisi lesu dan dehedrasi pada saat berpuasa mungkin beberapa tips berikut ini dapat membantu permasalahan anda, selamat membaca:

" Rahasia Menjaga Tubuh Tetap Bugar Di Bulan Puasa"

 ~" Pilih menu sehat untuk sahur dan berbuka "
Langkah yang tepat untuk tetap bugar pada saat berpuasa adalah dengan membuat daftar menu sehat untuk sahur dan berbuka.

Menu yang akan anda buat tentunya menu yang terdiri dari makanan yang memiliki gizi dan serat yang tinggi, tujuannya agar kebutuhan gizi anda tetap terpenuhi dengan baik selama berpuasa.

Sebaiknya hindari mengonsumsi junkfood ketika sahur dan berbuka, Junkfood memiliki dampak yang kurang baik untuk pencernaan anda, apalagi pada saat berpuasa seperti sekarang ini. Satu lagi, sebisa mungkin hindari untuk minum es terlalu banyak. karena es dapat memperlambat sirkulasi darah pada tubuh

~" Cukupi kebutuhan air putih "
Ketika puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Karenanya ketika kita sahur atau berbuka disarankan untuk benyak mengkosumsi air putih. Idealnya minumlah minimal 4 Gelas pada saat makan sahur dan 2 Gelas pada saat berbuka, sedangkan pada malam hari (sebelum tidur)

minumlah 2-3 Gelas lagi. Manfaat air putih ini selain pengganti cairan yang hilang juga berfungsi sebagai pembersih sistem sekresi lho, jadi anda dapat manfaat ganda.

~" Perbanyak makan buah dan sayur "
Cukupi kebutuhan vitamin dan gizi anda saat berpuasa dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur segar. Sayur dan buah akan memberikan banyak energi ketika Anda tidak makan selama berpuasa.

untuk itu, pada menu makan sahur dan berbuka anda sediakanlah minimal 2 jenis buah untuk dikosumsi, seperti Apel atau semangka.

~" Jalani Sunnah Puasa "
Saat berpuasa kita dianjurkan untuk makan sahur pada saat mendekati waktu imsak dan berpuka sesegera mungkin setelah matahari terbenam, sementara itu kita juga disunahkan untuk berbuka dengan makanan yang manis seperti kolak atau kurma.
Nah, sebaiknya kita menjalani semua sunnah-sunnah tersebut karena menurut penelitian semua anjuran-anjuran tersebut danpaknya cukup baik bagi kesehatan anda.

~" Tetap berolahraga "
Berpuasa bukan berarti kita berhenti berolahraga, namun tidak pula memaksakan diri untuk melakukan olahraga-olahraga berat.

Untuk itu agar tubuh anda tetap bugar lakukanlah olahraga ringat pada saat ngabuburit seperti bermain bulu tangkis, tenis meja atau jogging ringan, percayalah bahwa aktivitas-aktivitas tersebut dapat memperancar sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga tubuh andapun tetap prima.

~" Tidur Secukupnya "
Selama bulan Ramadhan biasanya seseorang cenderung lebih banyak beraktivitas pada malam hari seperti menjalankan shalat Tarawih yang diteruskan dengan Tadarus Alquran. Namun ada juga yang malas-malasan dirumah dan terus tidur sepanjang hari. perlu diketahui, kekurangan tidur pada saat berpuasa dapat menyebabkan tubuh tidak prima lho, begitu juga jika anda terlalu banyak tidur.

Terlalu banyak tidur menyebabkan zat-zat glukosa tidak berfungsi dengan baik, akibatnya tubuhpun mengalami kondisi lesu dan lemah yang berlebihan.